Kisah Perjalanan Karir Sebastian Vettel Sebagai Pembalap F1 ( Bag 1 )

Sebastian Vettel membuat kemajuan mengherankan cepat dan sukses melalui jajaran yang lebih rendah dari motorsport. Pada tahun 2010 ia menjadi pernah juara dunia Formula Satu termuda dan dia telah memegang gelar sejak.

Vettel menghabiskan delapan tahun di karts, memenangkan Jerman SMP Karting Championship, Monaco Kart Cup dan Eropa SMP Karting Championship pada tahun 2001. Tahun berikutnya ia keenam di Senior ICA Kart Championship dan kemudian pindah ke balap mobil.



Dia finish kedua di tahun 2003 Formula BMW Jerman kejuaraan dan rookie atas. Tahun berikutnya, berusia 17, ia dengan tegas memenangkan gelar, mengambil 18 kemenangan dari 20 dimulai dan 387 poin dari maksimal 400.

Musim berikutnya ia kelima di Formula Tiga Euroseries. Kejuaraan didominasi oleh Lewis Hamilton dan ASM - Tim ASL Vettel tidak memenangkan perlombaan tunggal, meskipun ia adalah rookie atas.

Berkat koneksi BMW nya Vettel membuat debut sebagai tester F1 untuk tim Williams. Masih berusia hanya 18, ia harus meminta guru sekolah untuk cuti untuk melakukan tes.

Tahun berikutnya Vettel bergabung Paul di Resta di ASM tetapi selesai kedua untuk rekan setimnya di kejuaraan. Sebuah penampilan perdana di Seri Dunia oleh Renault terbukti jauh lebih bermanfaat - Vettel memenangkan kedua balapan di Misano.

Dia juga muncul di babak berikutnya di Spa tapi terluka parah tangannya dalam kecelakaan 170mph. Jari telunjuk kanannya hampir terputus dan harus dijahit kembali bersama-sama.

BMW



Meskipun demikian Vettel bergabung dengan tim F1 BMW sebagai test driver dan menjadi pembalap Jumat setelah Robert Kubica dipromosikan ke tim balap di tempat Jacques Villeneuve.

Vettel tercepat dari semua di latihan hari Jumat pada akhir pekan pertamanya di Turki, di mana tidak hanya dia juga menjadi pembalap termuda yang berpartisipasi dalam akhir pekan Grand Prix (berusia 19 tahun dan 53 hari), tapi dia juga mengumpulkan denda karena ngebut di pit lane dalam perjalanan ke trek untuk pertama kalinya.

2007

Dia mulai balap musim 2007 di World Series by Renault. Tapi ketika Kubica terluka selama Kanada Grand Prix Vettel berdiri di baginya di Indianapolis dan selesai kedelapan, menjadi pembalap termuda yang mencetak poin kejuaraan.

Kubica kembali di babak berikutnya tetapi Vettel mendapat kesempatan lagi di F1 akhir tahun itu.

Toro Rosso


Toro Rosso menjatuhkan Scott Speed sebagai pembalap utam dan berkesempatan  mengikuti Grand Prix Eropa dan Vettel mengambil tempat untuk sisa musim ini.

Saat menjalankan ketiga baik dalam basah Jepang Grand Prix Vettel bertabrakan dengan pengemudi di depannya selama periode safety car - terburuk dari semua itu adalah sesama pembalap Red Bull Mark Webber, yang memiliki kemenangan potensial di pandangannya. Vettel menebus dirinya di balapan berikutnya di Cina, sekali lagi dalam kondisi basah, di mana ia finish di urutan keempat.

2008

Bahkan lebih baik diikuti pada tahun 2008, ketika Vettel mendominasi basah GP Italia, mengambil posisi pole dan memimpin hampir semua cara untuk menang. Dia mengatakan setelah itu:

Dalam balapan itu sendiri aku terkejut - Anda baru saja mengambil bendera finish di balapan pertama berakhir, dan Anda telah memenangkan Anda Grand Prix pertama. Untuk mulai dengan saya tidak mengerti dan mulai berpikir, "Apa yang Anda katakan pada saat seperti ini?"

Pada akhirnya insinyur saya, yang adalah orang yang sangat tenang, terdengar di radio dan mengatakan kepada saya bahwa saya baru saja memenangkan Grand Prix Italia. Aku menyalakan radio dan mulai berbicara sangat lambat dan collectedly, berterima kasih kepada orang-orang.

Ini bodoh - Anda bekerja sepanjang hidup Anda untuk saat seperti ini dan ketika akhirnya terjadi, Anda tidak tahu di mana Anda berada. Tapi pada akhir lap lambat dowm itu diklik dan kemudian aku berbalik radio kembali lagi dan berteriak terima kasih, kali ini di Italia.
Sebastian Vettel
Ini adalah puncak dari kemajuan pesat dengan tim sepanjang musim. Vettel telah sering berjuang untuk mendapatkan melampaui lap pertama di awal tahun, tetapi kedatangan sasis STR3 baru di Monte-Carlo diikuti kemudian oleh upgrade mesin menempatkan tim di antara pelari depan.

Comments